Cara Ngedapetin Ide Buat Nge-desain

Nah, kali ini gue bakalan bikin postingan yang sedikit ‘layak’─atau ntahlah buat di post di blog ini. Setelah sebelum-sebelumnya banyak postingan absurd yang pada dasarnya emang nggak begitu penting-_-

source : colourbox.com

Suatu hari pas gue ngumpul-ngumpul sama temen sekelas ngomongin Lomba Desain Grafis buat OA bulan depan, gue nyoba nanyain salah satu temen gue yang pada dasarnya dia emang udah mastah banget di kelas. Waktu gue nanya ke dia, sebut saja Sehun… *lol

“Gimana sih cara lu ngedapetin ide buat bikin desain, Hun? Keren-keren gitu perasaan”

“Kalau gue mah makan yang banyak”

“Lah, kok bisa?”

“Setelah perut kenyang pasti ada sesuatu yang pengen gue keluarin, disanalah tempat yang paling nyaman buat ngedapetin ide cemerlang” ucap si Sehun tadi sambil tertawa.

Wkwkwk.

Oke, serius pls. Sebenernya banyak banget cara yang dilakukan biar lu bisa ngedapetin ide atau inspirasi untuk sebuah desain. Nah, gue bakalan ngasih tau cara ngedapetin ide atau inspirasi buat bikin desain. *lagi

  1. Googling

Google adalah menu wajib yang harus kita buka ketika sedang browsing. Lu bisa manfaatin tuh mbah google buat nyari website atau portofolio desainer lain. Misalnya behance.net, shutterstock, webneel, 99Designs, Deviantart, dll. Nggak masalah kan kalo misal seorang desainer melihat karya orang lain buat dijadikan inspirasi, yang menjadi persoalan adalah meniru persis karya orang lain. Carilah desain yang berhubungan dengan kebutuhan lu yang bisa menjadikan sumber ide.

  1. Sketsa

Coba deh bikin sketsa, ambil kertas dan pensil. Terus, buatlah beberapa konsep, sebut saja oret-oretan. Cara seperti ini sering di pake sama beberapa teman-temen gue─termasuk gue sendiri buat ngedapetin ide yang original.

  1. Nyantai

Nggak mungkin banget kan kalo lu dalam keadaan stress, terlalu capek atau pusing bisa ngedapetin ide yang baik. Coba untuk sedikit santai atau rileks agar membuat pikiran lu fresh dan segar lagi.

  1. Berdiskusi

Cara yang sering gue lakuin adalah ngajakin ngomong, kepoin teman yang paham sama desain, seenggaknya kita bisa bertukar pikiran dan hasilnya bisa ngedapetin ide-ide baru.

  1. Buka portofolio

Sebagai desainer tentu saja lu pernah bikin beberapa karya desain. Nah, coba aja buat ngebuka karya lu lagi, lu bisa ngembangin konsep desain yang pernah lu buat untuk menghasilkan sebuah karya desain yang baru.

  1. Ruang kerja

Kalo lu masih ngalamin kesulitan dalam ngedapetin ide, cobalah untuk menata ulang ruang kerja lu, kalo dipikir-pikir juga sih ya, ruang kerja berpengaruh sama hasil kerja kita. Buat ruang kerja lu senyaman mungkin. FYI, ruang kerja gue di kamar. Kalo ga di meja belajar ya di kasur. Nah, kalo misalnya ruang kerja lu di kamar juga. Yaudah, tinggal tata ulang aja kamarmu senyaman mungkin.

  1. Kerja di malam hari

Bikin suatu karya desain dibutuhkan ketenangan buat ngedapetin karya yang maksimal. Gue udah praktek kok, dan yaa.. Hasilnya memang lebih menyenangkan di malam hari soalnya ide selalu muncul di waktu malam. Gue pikir lu perlu mencobanya.

 

Yha, mungkin ini aja yang bisa gue posting buat hari ini. Kalo ada yang ingin ditanyakan, atau mungkin ada yang pengen nambahin, gausah malu buat ngomen di bawah 😀

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa lagi di postingan berikutnya 🙂

5 pemikiran pada “Cara Ngedapetin Ide Buat Nge-desain

Tinggalkan komentar